Materi ini adalah tulisan terakhir dari 5 bagain. Empat materi sebelumnya telah Mas Admin berikan.Membahas soal-soal yang diantarnya lebih sulit dari soal yang ada dalam UN. Dengan harapan nantinya kita terbiasa dalam mengerjakan soal dan tidak terkaget-kaget. Karena terbiasa mengerjakan soal yang standarnya lebih sulit, maka besar harapan, kita lebih siap lagi mengerjakan soal yang diujikan dalam UN nantinya.
Simak bahasan dibawah ini.
13. Jika A = -4x+ 5y -2 dan B = 3x - 4y -4, maka hasil dari A – B adalah ……..
17. Jika P = {x | x < 15, X bilangan prima} dan
21. Persamaan garis lurus melalui titik (4, -1) dan sejajar dengan garis y = ⅔x – 5
adalah …………..
Demikian bahasan kali ini. Semoga semakin menambah kemampuan dalam mengerjakan soal, terutama soal jenis lain yang lebih sulit dari biasanya soal UN.
Sampai jumpa lagi, salam.
Mas Admin
Simak bahasan dibawah ini.
1. Hasil dari (-36) + 12 x 2 -24 : (-4) adalah
……..
A. -9 C. 9
B. -6 D. 18
2. Urutan naik dari 4/9; 0,45 ;
3/7; 43% adalah ……….
A. 3/7; 43%;
4/9; 0,45 C. 43%; 3/7;
4/9; 0,45
3. Panitia korban bencana mendapat bantuan 3
kuintal beras. Beras tadi akan dibagikan kepada
warga dan setiap kepala keluarga akan mendapat 1 bagian kantong plastik berisi 2½ kg
beras. Banyaknya kepala keluarga yang mendapatkan beras aadalah ………
warga dan setiap kepala keluarga akan mendapat 1 bagian kantong plastik berisi 2½ kg
beras. Banyaknya kepala keluarga yang mendapatkan beras aadalah ………
A. 750 C. 120
4. Suatu lahan perusahaan berbentuk persegi
panjang berukuran 180 m x 240 m. Jika digambar
dengan skala 1 : 1.500, maka ukuran pada gambar adalah ………………
dengan skala 1 : 1.500, maka ukuran pada gambar adalah ………………
A. 9 cm x 12 cm C. 12 cm x 24 cm
B. 12 cm x 16 cm D. 18 cm x 24 cm
5. Jarak kota A dan B ditempuh 4 jam dengan
kecepatan rata-rata 70 km/jam. Jika waktunya lebih cepat 30 menit, maka
kecepatan rata-ratanya adalah …………..
A. 72
km/jam C. 78 km/jam
B. 75
km/jam D. 80 km/jam
6. Setelah mendapat diskon 20%, harga sepasang
sepatu adalah Rp.192.000,00. Harga sepatu
sebelum didiskon adalah ………..
A. Rp.240.000,00 C. Rp.280.000,00
B. Rp.250.000,00 D. Rp.300.000,00
7. Tuti mendapat bunga Rp.420.000,00 selama 8
bulan. Jika bank memberi bunga 15% pertahun,
maka besar tabungan Tuti adalah
……………
A. Rp.2.800.000,00 C. Rp.4.200.000,00
B. Rp.3.600.000,00 D. Rp.4.800.000,00
8. Pak Indro meminjam uang di koperasi sebesar
Rp.6.000.000,00 yang akan diangsur selama 10 bulan. Jika besar bunga 18%
pertahun, maka angsuran tiap bulan adalah ……….
A. Rp.690.000,00 C. Rp.650.000,00
B. Rp.680.000,00 D. Rp.640.000,00
9. Rumus suku ke n suatu barisan adalah Un = 7 – 2n2. Selisih U3
dan U5 adalah ………..
A. 54 C. -32
B. 32 D. -54
10. Sebuah tali dipotong menjadi 5 bagian dan
potongan-potongan tersebut membentuk barisan
aritmetika. Jika potongan tali terpendek 3 m dan yang terpanjang 11 m, maka panjang tali
semula adalah …………
aritmetika. Jika potongan tali terpendek 3 m dan yang terpanjang 11 m, maka panjang tali
semula adalah …………
A. 47
m C. 35 m
11. Bentuk sederhana dari (4a – 5b) (3a + 2b)
adalah ………….
A. 12a2
+ 7ab + 10b2 C. 12a2 - 17ab + 10b2
B. 12a2
+ 7ab - 10b2 D. 12a2 - 17ab - 10b2
12. Hasil dari (-6a4b2c3)
x (-3a2b3c) adalah ……….
A. 18a8b6c3 C. 18a6b5c4
B. 18a8b6c4 D. 18a6b5c3
13. Jika A = -4x+ 5y -2 dan B = 3x - 4y -4, maka hasil dari A – B adalah ……..
A. -7x
+ 5y -2 C. -7x + 9y +2
B. -7x
- 5y +2 D. -7x - 9y +2
14. Bentuk sederhana dari (4x – 1 )2 adalah
………….
2x
A. 16x2
– 4 + 1/(4x2) C. 16x2 – 4x + 1/(4x2)
B. 16x2
– 8 + 1/(4x2) C. 16x2 – 8x + 1/(4x2)
15. Bentuk sederhana dari 6x2 – 8x adalah
………………..
6x2
+ x - 12
A. 2x
/ (2x - 3) C. (3x -4) / (2x - 3)
B. 2x
/ (2x + 3) D.
(3x -4) / (2x + 3)
16. Penyelesaian dari ⅙(3x
- 2) = ⅓ x + ⅔
adalah ……………
A. x
= 2 C. x = 4
B. x
= 3 D. x = 6
17. Jika P = {x | x < 15, X bilangan prima} dan
Q = {x | 3 < x ≤ 15, x bilangan ganjil}, maka P U Q adalah ……
A. {5,
7, 11, 13} C. {2, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 15}
B. {2, 3, 5, 7, 11, 13} D. {1,
2, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 15}
18. Hasil penelitian terhadap 80 anak diperoleh
data, 50 anak gemar Matematika, 45 anak gemar IPA. Jika ada 20 anak tidak
menyukai Matematika maupun IPA, maka banyaknya anak yang menyukai Matematika
dan IPA adalah ………
A. 75
anak C. 50 anak
Grafik diatas yang
merupakan pemetaan adalah ………….
A. (1)
dan (2) C. (2) dan (3)
B. (1)
dan (3) D. (2) dan (4)
20. Garis luru k melalui titik A(-2, 8) dan B(4,
-1). Jika gars lurus l tegaklurus k, maka gradien
garis l adalah ………..
garis l adalah ………..
A. -3/2 C. ⅔
B. -⅔ D. 3/2
21. Persamaan garis lurus melalui titik (4, -1) dan sejajar dengan garis y = ⅔x – 5
adalah …………..
A. 2x
– 3y – 11 = 0 C. 3x – 2y -14
= 0
B. 2x
+ 3y – 5 = 0 D. 3x + 2y
- 10 =0
22. Diketahi sistem persamaan linear ax + by = 2
dan ax - by = 10. Jika titik (2, -1) merupakan
penyelesaian sistem persamaan
tersebut, maka nilai 3a – 2b adalah ………………..
A. -
7 C. 1
B. -1 D. 7
23. Keliling sebuah persegi panjang adalah 48 cm.
Jikas elisih panjang dan lebarnya 6 cm, maka
luas persegi panjang adalah …………….
luas persegi panjang adalah …………….
A. 112
cm2 C. 160 cm2
B. 135
cm2 D 187 cm2
Jika panjang AB
= 9 cm, CD = 8 cm, dan BC = 17 cm, maka luas ABCD adalah ……………
A. 132
cm2 C. 114 cm2
B. 122
cm2 D. 104 cm2
25. Perhatikan gambar!
A. 199
cm2 C. 268 cm2
Pak
Maman memiliki tanah sepert gambar tersebut. Tanah akan dijual dengan harga
Rp.400.000,00 per m2. Hasil penjualan tanah Pak Maman adalah ………….
Rp.400.000,00 per m2. Hasil penjualan tanah Pak Maman adalah ………….
A. Rp.129.600.000,00 C. Rp.144.000.000,00
B. Rp.136.800.000,00 D. Rp.156.000.000,00
Keliling bangun diatas adalah …………….
A. 43,56
cm C. 40,42 cm
B. 42,56
cm D. 39,42 cm
Besar <BAC = (3x - 5)o,
<ACB = 4xo, dan <CBD = 100o. Besar <BAC adalah
……….
A. 35o C. 45o
B. 40o D. 50o
Gambar b // c dan dipotong garis a
di titik P dan Q. Jika besar <P4
= (2x - 5)o dan
<Q3 =
(3x + 35)o, maka besar <P3
- <Q2 adalah ……………
A. 40o C. 50o
B. 45o D. 70o
Jika besar <AOC = 110o,
maka besar <ABC adalah ………….
A. 70o C. 60o
B. 65o D. 55o
A. 54
cm2 C. 60 cm2
32. Perhatikan gambarberikut!
Jika panjang AC
= 6 cm, AB = 8 cm, dan BD = 5 cm, maka panjang CE adalah ……………
A. 7
cm C. 5 cm
B. 6
cm D. 4 cm
Jika panjang AB
= 15 cm, EF = 12 cm, AD = 8 cm, dan AE = 3 cm, maka panjang CD
adalah …….
adalah …….
A. 10
cm C. 8 cm
34. Segitiga ABE dan segitiga CDE kongruen. Jika panjang
AE = 12 cm dan AD = 17 cm, maka
panjang CD adalah …………….
panjang CD adalah …………….
A. 13
cm C. 20 cm
B. 15
cm D. 25 cm
Agar dapat
membentuk jaring-jaring kubus, maka bangun yang harus dihilangkan
bernomor ….
bernomor ….
A. 1
dan 8 C. 3 dan 6
B. 6
dan 8 D. 2 dan 8
36. Prisma alasnya berbentuk belah ketupat.
Panjang diagonal-diagonal belah ketupat 16 cm dan 30 cm. Jika tinggi prisma 20
cm , maka luas seluruh permukaan prisma adalah ……………….
A. 1.300
cm2 C. 1.800 cm2
B. 1.600
cm2 D. 1.840 cm2
Sebuah benda berbentuk kerucut dan
belahan bola seperti gambar disamping. Jika
panjang diameternya 12 cm dan tinggi kerucut 8 cm, maka volume benda tersebut
adalah …………….
panjang diameternya 12 cm dan tinggi kerucut 8 cm, maka volume benda tersebut
adalah …………….
A. 240
π cm3 C. 753,6 π cm3
38. Nilai rata-rata dan median dari data : 6, 8,
5, 9, 7, 8, 9,8, 6, 7 adalah ………..
A. 7,5
dan 7,5 C. 7,3 dan 7,5
B. 7,4
dan 7,0 D. 7,2 dan 8,0
39. Dari 10 anak yang mengikuti ulangan susulan Matematika
ada 5 anak mendapat nilai yang
sama, 3 anak mendapat nillai 75 dan 2 anak mendapat nilai 80. Jika rata-rata hasil ulangan
10 anak 74,5, maka nilai salah satu dari 5 anak yang mendapat nilai sama adalah …………..
sama, 3 anak mendapat nillai 75 dan 2 anak mendapat nilai 80. Jika rata-rata hasil ulangan
10 anak 74,5, maka nilai salah satu dari 5 anak yang mendapat nilai sama adalah …………..
A. 72 C. 52
B. 65 D. 45
Diagram
disamping menunjukan mata pelajaran yang digemari siswa. Jika banyaknya
siswa yang gemar IPS ada 36 anak,
maka banyaknya siswa yang gemar Matematika
adalah …………..
adalah …………..
A. 60
anak C. 49 anak
B. 56
anak D. 45 anak
Sampai jumpa lagi, salam.
Mas Admin
No comments:
Post a Comment