Materi kali ini mengenai salah satu cara yang
sering digunakan dalam ilmu ukur (geometri) yakni kesebangunan dan
kekongkureanan. Ikuti penjelasan Mas Admin yang tanpa basa-basi dibawah ini.
A. KESEBANGUNAN
Dua
buah bangun datar dikatakan “sebangun” jika :
1. Sisi-sisi
yang bersesuaian sebanding.
2. Sudut-sudut
yang bersesuaian sebanding.
Sebanding
artinya memiliki perbandingan yang selalu sama. Sedang bersesuaian artinya yang
memiliki posisi yang sama.
Kesebangunan
dilambangkan dengan tanda “~”.
Contoh
kesebanguanan dalam bangun datar segitiga:
Gambar.1
Pada
gambar.1, terlihat segitiga ABC sebangun dengan segitiga abc.
Kedua
segitiga tersebut memiliki panjang sisi-sisi yang bersesuaian sebanding, yakni
:
AB : ab, BC : bc
dan AC : ac
Kedua segitiga tersebut memiliki besar sudut-sudut yang
bersesuaian yang sebanding, yakni :
<A :
<a, <B : <b
dan <C : <c.
Kesebangunan
bisa diartikan bentuk sama tetapi ukuran beda. Karenanya dikatakan
bukan sama tetapi sebanding.
B. KEKONGKRUENAN
Dua buah bangun datar
dikatakan “kongkruen” jika :
1. Sisi-sisi
yang bersesuaian sama.
2. Sudut-sudut
yang bersesuaian sama.
Kesebangunan
dilambangkan dengan tanda “Ξ”.
Contoh
kesebanguanan dalam bangun datar segitiga:
Pada
gamabr.2, terlihat segitiga ABC kongkruen dengan segitiga abc.
Kedua
segitiga tersebut memiliki panjang sisi-sisi yang bersesuaian sama, yakni :
AB=ab, BC=bc
dan AC=ac
Kedua segitiga tersebut memiliki besar sudut-sudut yang
bersesuaian yang sama, yakni :
<A =
<a, <B= <b dan <C =
<c.
Kongkruen bisa diartikan sama
dan sebangun. Seperti copyan
dari bentuk sebelumnya, segitiga abc cioyan dari segitiga ABC.
C. BENTUK
KESEBANGUNAN DAN KEKONGKRUENAN
Gambar.3
Panjang EF = (a
x d) + (b x c)
c + d
Panjang AB = ( ((EF) – a) x d ) + EF
c
Panjang CD = EF – ( (d – EF) x c )
d
C2. Bentuk Kedua
Panjang EF = AB - CD
2
Panjang CD = AB –
2 EF
Panjang AB = CD + 2 EF
C3. Bentuk Ketiga
Gambar.5
Panjang b2 = ap
c2 = aq
t2 = pq ATAU t2
= bc/q
C4. Bentuk Keempat
Gambar.6
Materi
yang sering keluar dalam Ujian Nasional adalah :
1. Menentukan
garis atau sudut mana yang sama dalam suatu bidang datar, misalnya dalam bangun
segitiga.
2. Menghitung
panjang suatu garis pada kesebangunan/Kekongruenan bentuk 1 sampai 4.
SOAL LATIHAN :
1. UN 2009
Mudah-mudahan penjelasan singkat ini berguna, terutama bagi adik-adik yang masih duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama. Teruslah berlatih mengerjakan soal-soal yang ada. Karena semakin banyak berlatih maka pemahaman materi makin terasah.
Mas Admin memakai sandard soal-soal UN, karena seperti
kita maklumi tujuan UN adalah menilai sampai dimana standard yang telah
ditetapkan negara dapat dicapai. Artinya tolak ukurnya adalah nasional, bukan
lagi tingakt terkecil yakni tingkat sekolah. Semakin tinggi nilai UN yang
dicapai suatu sekolah maka sekolah tersebut telah mencapai sasaran yang
ditentukan negara,
Demikian ulasan yang dapat saya berikan. Sampai
ketemu di lain materi, tetap semangat!
Salam,
Mas Admin
Mas Admin
No comments:
Post a Comment